Breaking News

Butut dan Terjal Serta Berbatu, Jaling di Desa Hegarmanah Perlu Perhatian Khusus

Jelajah Hukum Sukabumi


Jalan lingkungan yang menghubungkan Desa Hegarmanah dan Desa Cimanggis Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi masih butut, terjal dan berbatu.



Jaling atau jalan lingkungan merupakan akses transportasi yang biasa di lalui warga desa untuk melakukan aktivitas keseharian nya,mulai dari anak sekolah berangkat,lalu di lalui warga yang bekerja,seperti petani serta tempat lalu lalang aktivitas ekonomi masyarakat sekitar, terutama di pedasaan.


Seperti hal nya di Desa Hegarmanah Kecamatan Cicantayan yang mayoritas penduduk nya bertani atau berkebun, sangatlah penting jalan lingkungan nya bisa di lalui dengan baik, 


Wahyu pengendara motor yang kebetulan saat itu melintas mengatakan, waduh memang jalan ini perlu ada perbaikan, sebab saat tadi melewati jalan ini sangat sulit, akibat kondisi jalan nya masih berbatu pada besar juga. Kalaw waktu turun hujan gerimis,itu jalan nya licin. Serta naik turun nya, mengakibat roda depan motor saya harus mencari jalan yang aman di injak ban, agar tidak jatuh.


"Memang jalan lingkungan ini perlu segera di bangun, karena jalan ini menyambungkan dengan Desa Cimanggis. Perlu ada perhatian khususlah, baik itu dari Dana Desa maupun APBD Kabupaten melalui Disperkim nya atau juga Bantuan Provinsi serta Pusat atau APBN nya. Ini sangat penting sekali, sebab sangat berdampak sekali terhadap perekonomian warga sekitar sini," ungkap Wahyu.


Sementara itu, Kepala Desa Hegarmanah Ujang Natadireja yang biasa di panggil Pak Unat saat ditemui awak media mengatakan, memang jalan tersebut sudah lumayan lama rusak, perlu adanya perbaikan.


"Kami Pemdes Hegarmanah pernah mengusulkan melalui Musrenbang,tapi sampai saat ini belum juga ada jawaban," ungkap Unat, Jum'at (22/10/2021).


Memang saat ini masih di musim pandemi covid-19. Pemerintah daerah maupun pusat sedang memfokuskan penanganan nya, dari mulai vaksinasi dan bantuan sosial,juga peningkatan ekonomi melalui padat karya serta otomatis anggaran nya terfokus ke sana.


"Dana Desa juga pun sama, fokus kepada sosial safety net,dari mulai Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan PPKM,serta ada lah buat infrastruktur sedikit," jelasnya.



Sedang kebutuhan infrastruktur di Desa Hegarmanah ini lumayan banyak,jadi tidak mungkin di kaper dengan anggaran yang ada.


"Saya berharap pengajuan yang telah kami usulkan di Musrenbang secepatnya ada jawaban, sehingga infrastruktur khusus nya Jaling yang tadi itu bisa di perbaiki atau di bangun secepatnya," pungkas Unat.


(Aep)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum