Breaking News

Vaksinasi Massal Masyarakat Desa Sukamaju di GOR Kecamatan Cikakak

Jelajah Hukum Sukabumi


Pemdes Sukamaju Bersama Tim Vaksinator Puskesmas Cikakak melaksanakan vaksinasi massal untuk mempercepat herd imunnity.Kegiatan tersebut digelar di GOR Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi, Jumat (08/10/2021) mulai pagi hari pukul 08:00 Wib sampai selesai.



Kegiatan vaksinasi dihadiri oleh Camat Kecamatan Cikakak (Dadang Ramdani),Kapolsek Cikakak (Iptu Catur Budiono),Team kesehatan Puskesmas Cikakak,Muspika Kecamatan Cikakak,Kepala Desa Sukamaju dan juga masyarakat Desa Sukamaju.


Kepada awak media Camat Cikakak Dadang Ramdani mengatakan,hari ini kita menyelenggarakan vaksinasi massal.Alhamdulilah mendapat respon positif dari masyarakat dan ini juga merupakan upaya percepatan sebagai bentuk pencapaian untuk target vaksinasi.


"Pada hari ini di desa Cikakak yang diundang 800 orang lebih dari semua kedusunan,tapi nanti diseleksi lagi.Mengingat ada yang sudah 2 kali divaksin maka dipersilakan pulang,yang diutamakan yang baru divaksin. Mudah-mudahan pencapaian hari ini bisa 500 orang lebih yang divaksin," ucapnya.


Pemerintah Cikakak dalam kegiatan tersebut memberikan edukasi kepada masyarakat, didorong oleh Kapolsek Cikakak yang juga membantu dan Danramil kebetulan hari ini tidak dapat hadir, karena beliau lagi ada kegiatan dikodim.


"Kegiatan hari ini kami menggunakan fasilitas GOR yang cukup luas, sarana ini bisa dipinjam.Ruangan GOR yang luas cukup untuk menjaga jarak dan kami juga tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mentaati Prokes," tuturnya.


Rencananya, kami besok bersama Kapolsek Cikakak akan terus keliling memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya divaksin.


"Alhamdulillah masyarakat Cikakak Khususnya sudah menyadari pentingnya hal tersebut.Salah satunya ketika saya mendatangi langsung masyarakat, ada beberapa warga mengaku pentingnya divaksin.karena kalau bepergian keluar daerah atau mau masuk bandara maupun Mall juga dibutuhkan surat sudah divaksin," terang Dadang.


Ditempat yang sama, Kapolsek Cikakak Iptu Catur Budiono mengatakan,kita bersama-sama sudah dalam 2 minggu terakhir ini melaksanakan vaksinasi.Pertama di Desa Cikakak, Desa Cimaja terus Desa Ridogalih dan sekarang Desa Sukamaju.


"Intinya untuk semua Desa yang ada di Kecamatan Cikakak ini dalam rangka mempercepat pencapaian target vaksinasi yang sudah mencapai 39% dari keseluruhan Kecamatan Cikakak yang sudah divaksin, jadi ini sudah mencapai yang bagus dan kita upayakan. Insya Allah untuk sampai bulan Desember mencapai 50%," jelas Kapolsek Cikakak 


Sementara itu,Kades Sukamaju Empang Supiandi menyampaikan bahwa, saya bersama-sama dengan Pak camat, Kapolsek,Muspika juga Tim Kesehatan Puskesmas Cikakak dari hasil rapat secara virtual minggu yang lalu dengan Pak Bupati,apa yang harus dilakukan agar pencapaian vaksinasi ada diangka 75 persen ? tentunya saya selaku Kepala Desa Sukamaju bersama Pak Camat juga Kapolsek Cikakak jadwal hari ini adalah untuk desa saya.


"Hari ini kita utamakan dulu dari masyarakat penerima bantuan PKH,BPNT juga Bansos Kemensos, tentunya saya juga sama memberikan pemahaman bagaimana Sangat pentingnya divaksin.Kita tau ada 2 hal,yang pertama adalah dalam hal pencegahan covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan dan yang paling penting divaksin sebagai bentuk ikhtiar kita meningkatkan daya tahan tubuh," tandasnya.


Empang Supiandi pun melanjutkan bahwa untuk pencapaian yang divaksin sudah baik, karena antusias masyarakat untuk divaksin sangat bagus.


"Alhamdulillah apa yang disampaikan,sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat ini boleh dibilang berhasil,walaupun harus menangkis berbagai hoaks terkait di suntik vaksin," ujarnya.



Empang pun menegaskan, pemerintah sangat sayang kepada warganya. Makanya agar divaksin dan ini juga ada salah satu pengalaman saya ketika terjun langsung kelapangan, ada warga mengatakan kalau bepergian keluar diperiksa,sudah punya sertifikat vaksin atau belumnya? apalagi masuk ke bandara atau mall itu harus punya surat vaksinasi.


"Ini satu bentuk pencapaian yang baik, karena sudah timbul kesadaran dari  masyarakat tentang pentingnya divaksin," bebernya.


Salah satu warga masyarakat bernama Rika Susanti,warga Kampung Baru RT 006 RW 03 Desa Sukamaju Kecamatan Cikakak mengatakan, saya divaksin untuk pertama kali nya dan gratis.


"Alhamdulilah guna nya di vaksin itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tetap sehat dan semoga ekonomi juga cepat pulih kembali," pungkasnya.


(R.Iyan Sapta)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum