Breaking News

Bacaleg dari Partai Golkar Rika Yulistina Mantapkan Langkah Menuju DPRD Kabupaten Sukabumi Untuk Tahun 2024

(Foto: Rika Yulistina, Bacaleg Partai Golkar dari Dapil I Kabupaten Sukabumi)

Jelajahhukum.com||SUKABUMI - Memasuki Tahun Politik, tahun 2023 ini sekaligus akan menjadi ajang pengenalan bagi muka-muka baru di dunia perpolitikan. Begitu juga saat ini yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, beberapa Bakal Calon akan mengadu peruntungan pada Pileg 2024 mendatang. Salasatunya datang dari Srikandi Partai Golkar yaitu Rika Yulistina yang akan maju menjadi Caleg DPRD Kabupaten Sukabumi dari Dapil I.

Meskipun saat ini (DCT) daftar calon tetap belum diumumkan, tetapi Rika Yulistina yakin namanya akan masuk dalam calon legislatif Pileg mendatang.

Sebelumnya Rika Yulistina yang berlatarbelakang pengusaha tersebut menyatakan belum ada ketertarikan terhadap dunia politik, apalagi untuk menjadi seorang anggota DPRD.

"Sebelumnya saya akui, belum ada ketertarikan samasekali terhadap dunia politik, meskipun dunia politik itu tidak asing bagi saya, karena orangtua saya dahulu adalah fungsionaris dari Partai Golkar juga," kata Rika.

Tetapi setelah saya renungi, masih kata Rika, selama ini saya hanya bisa membantu masyarakat hanya dengan ruang lingkup yang sangat terbatas, lalu mengapa tidak saya mencoba untuk memperluas bantuan tersebut dengan cara menjadi calon anggota DPRD. Dengan itu bantuan yang akan bisa saya berikan tentu akan lebih luas lagi," tutur Rika Yulistina saat disambangi awak media di kediamannya, Senin (23/01/2023).

Rika menegaskan kehadirannya di dunia politik tersebut tidak untuk mencari keuntungan pribadi apalagi untuk memperkaya diri. Ini murni panggilan dari hati nurani untuk memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

"Kalau hanya untuk diri saya pribadi, saya sudah merasa cukup dengan keadaan saya saat ini, tetapi ini adalah panggilan jiwa, bagaimana caranya agar bisa membantu masyarakat dengan jangkauan lebih besar," ucapnya.

Selanjutnya Rika mengatakan, seandainya ia terpilih nanti ia akan benar-benar mendengarkan keluhan serta aspirasi dari masyarakat.

"Tentunya kita akan berupaya untuk mencari jawaban atas setiap keluhan ataupun aspirasi dari masyarakat. Dan tidak itu saja, apabila aspirasi masyarakat itu dirasa adalah suatu hal yang sangat urgent atau sangat mendesak sekali, saya akan berupaya sekuat tenaga untuk memperjuangkannya sehingga aspirasi warga tersebut bisa terwujud," beber Rika lebih jauh.

Rika Yulistina mengatakan sebagai pendatang baru di panggung politik, ia mengaku siap menerima masukan dari siapapun. Selain itu Rika juga menyebutkan, ia dan tim nya juga perlu bekerja keras untuk memperkenalkan diri kepada konstituennya, yang ada di Dapil I yang meliputi Kecamatan Cisolok, Cikakak, Pelabuhan Ratu, Simpenan, Bantargadung, dan Warung Kiara.

"Saat ini tim relawan yang telah kita bentuk yaitu Barisan Bunda Rika (BADAR), tengah giat melakukan sosialisasi ke beberapa titik. Alhamdulillah sambutan masyarakat sangat positif sekali, tentunya ke depan, setelah DCT ditetapkan kita akan bekerja dengan lebih giat lagi," jelas Wanita kelahiran tahun 1976 tersebut.

Ditanya soal optimisme, Rika dengan keyakinan penuh menyatakan, sangat optimis.

"Yang utama kita harus bersikap optimis dulu kemudian berpikiran positif dan tentu dibarengi dengan kerja keras serta kerja cerdas, lalu setelah itu kita kembalikan semuanya kepada Allah SWT sebagai penentu dari semuanya," terang Rika dengan bijak.

Atas sosialisasi yang dilakukan oleh Tim BADAR kepada masyarakat, banyak masyarakat yang mendukung atas keputusan Rika Yulistina tersebut.

Jelan Jaelana (46) salaseorang warga Cipaturan mengatakan, sangat terkesan dengan kebaikan yang telah diberikan oleh Rika Yulistina pada dirinya dan warga selama ini.

"Saya pribadi sangat gembira sekali bahwasanya seorang wanita dari Cipatuguran, bisa berkiprah di panggung politik. Apa lagi saya melihat beliau sebagai sosok yang baik hati dan sangat peduli terhadap sesama. Banyak sekali kebaikan yang telah beliau berikan kepada kami warga Cipatuguran, maka dari itu saya bersama keluarga akan mendukung beliau menjadi anggota dewan," tutur Jelan.

Begitu juga dengan Mitra (60) Tokoh Masyarakat BTN Pantai Ratu Indah, Cipaturan, ia mengatakan Rika Yulistina adalah sosok yang pantas untuk menjadi dewan.

"Jauh sebelum keinginan Bunda Rika untuk menjadi Bacaleg, kami sudah merasakan kebaikan beliau. Salasatunya adalah pembangunan jalan yang murni menggunakan anggaran dari kantong beliau. Lalu rehabilitas mesjid yang juga tidak sedikit jumlahnya dan tak terhitung bantuan sosial seperti Sembako bagi jompo dan fakir miskin ataupun sumbangan-sumbangan berbentuk lainnya," terang Mitra.

Saat itu beliau membantu tanpa embel-embel untuk dikenal ataupun untuk dipilih, lanjut Mitra, contohnya saat pembangunan jalan sekira 3 tahun yang lalu, yang nilainya puluhan juta bahkan bisa bisa ratusan juta, lalu rehabilitas mesjid yang juga menggunakan anggaran yang cukup besar semua itu beliau berikan tanpa ada imbal baliknya. Setelah diberikan bantuan tersebut, ya sudah, beliau kembali lagi ke rutinitas beliau sebagai pengusaha.

"Dari sana saya bisa mengambil penilaian, bahwa Bunda Rika itu orang yang ikhlas, dan saya yakin, beliau akan amanah bila nantinya terpilih menjadi dewan mengemban kepercayaan masyarakat," Pungkas Mitra.

Rencananya, di bulan Maret 2023, Rika Yulistina juga akan mengadakan bakti sosial sunatan massal untuk 50 orang anak-anak.

(Tim)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum