Breaking News

Pemilihan Ketua RW 06 Desa Jayanti Dipilih Secara Demokrasi

 


SUKABUMI, jelajahhukum.com - Para Warga RW 06 Desa Jayanti hari ini memilih ketua RW mereka secara langsung atau secara demokrasi. Acara pemilihan Ketua RW 06 diselenggarakan di Halaman Majlis Ta'lim Sirojul Haq Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/03/2023) pukul 07:00 Wib s/d 13:00 Wib.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 06 yang juga sebagai Ketua PPS Desa Jayanti, Ujang Usman Fassa Hamidi mengatakan, untuk pemilihan hari ini adalah salah satu bagian dari pesta rakyat yang berasaskan demokrasi yang telah diamanat Undang - Undang Dasar tahun 1945.

(Ujang Usman Fassa Hamidi, Ketua penyelenggara pemilihan ketua Rw 06 Desa Jayanti)

"Dalam hal ini, kita selaku panitia penyelenggara berpatokan pada SK Kepala Desa Jayanti tahun 2023 dengan bagian kordinasi dengan SK Pemilu yang di keluarkan KPU Kabupaten Sukabumi. Yang kebetulan pada hari ini saya sebagai ketua PPS Desa Jayanti untuk pemilihan Presiden tahun 2024," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Ujang Usman, salah satu tujuan yang utama adalah membangun demokrasi dikalangan masyarakat, yang kedua adalah bagian dari simulasi dan pembelajaran untuk beberapa pantarlih-antarlih yang baru dan yang lainnya untuk persiapan pemilu tahun 2024.

"Adapun kegiatan hari ini yaitu diselenggarakan untuk pemilihan calon Ketua RW 06 Kedusunan 4 Desa Jayanti periode 2023-2029 tahun 2023," terang Ujang.

Anggaran untuk pemilihan Ketua RW 06 Desa Jayanti hari ini bersumber dari KAS RW sebagian dan dari sponsor, yaitu di antaranya Batu Bintang (Jaro Ago) dan sponsor Bunga Fishing.

"Jumlah DPT yang tersaring saat ini adalah 973 DPT, belum jumlah DPT yang belum tersaring yang membawa KTP elektronik. Untuk calon RW sendiri dipemilihan hari ada 4 calon dari warga RW 06 semua, asli tidak ada yang diluar," tegas Ujang.

Ujang Usman pun menjelaskan bahwa untuk format hari ini adalah hanya pemilihan ketua RW saja, tidak dengan wakilnya.

"Harapan yang paling utama adalah bagaimana caranya kita mencari sosok pemimpin dengan jalan dan proses prosedur yang telah ditentukan dengan tujuan yang pastinya dengan keamanan, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat warga RW 06 Kampung Cipatuguran," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Sampalan RT 05/06 Desa Jayanti saat di wawancarai awak media, Ai Sunarti mengatakan, alhmadulilah hari ini pemilihan ketua RW 06 Desa Jayanti, saya sangat mendukung sekali pemilihan secara demokrasi ini.

(Ai Sunarti, salah satu warga Rw 06 Desa Jayanti saat diwawancarai awak media)

"Semoga siapapun yang terpilih hari ini jadi ketua RW 06 Desa Jayanti bisa jadi pemimpin terbaik dan bisa membantu dan mensejahterakan warga di ke-RW'an 06," pungkasnya.

Ketika berita ini ditayangkan, acara pemilihan ketua RW 06 Desa Jayanti masih berlangsung dan warga yang memilih para calon kandidat baru berjumlah 379 orang atau sekitar baru 39% dari jumlah keseluruhan DPT.

(TIM JH)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum