Beredar Berita Hoax Terhadap Megawati, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi Layangkan Laporan ke Polres

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Beredar Berita Hoax Terhadap Megawati, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi Layangkan Laporan ke Polres

Senin, 13 September 2021

Jelajah Hukum Sukabumi


Beredar nya berita Hoax,terkait kondisi sakitnya ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri yang heboh beberapa hari lalu di Media Sosial jadi berbuntut panjang.



Hersubeno Arief dituding ada di balik berita heboh yang menganggap Megawati koma dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

Sebelumnya, Hersubeno mengaku mendapatkan informasi bahwa Megawati koma dan dirawat di ICU RSPP dari seorang dokter kenalannya.


Menyikapi hal tersebut, Anang Janur S.pd wakil ketua bidang keanggotaan DPC PDI-P Kabupaten Sukabumi bersama Paoji Nurjaman S.E Wakil ketua bidang kaderisasi dan ideologi dan Efri Darlin Marto Dachi S.E,.SH, membuat laporan ke Polres Sukabumi, Senin (13/8/2021).


Menurut anggota badan bantuan hukum dan advokasi rakyat, DPC PDI-P Kabupaten Sukabumi Marto Dachi S.E,.SH  mengatakan, laporan tersebut kita layangkan agar ada efek jera bagi pembuat berita-berita bohong/Hoax yang sering bertebaran di sosial media.


Selanjutnya, dia juga akan mendorong pihak kepolisian untuk menindaklanjuti setiap berita Hoax yang jelas-jelas telah sangat merugikan tersebut.


"Yang harus ditekankan kepada pihak Kepolisian adalah siapapun yang telah menyebarkan Hoax yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan, maka pihak aparat kepolisian harus menindaklanjutinya secara hukum, sesuai dengan peraturan perundang-undangan  yang berlaku. Karena itu sangat meresahkan dan merugikan," jelasnya kepada wartawan di Mapolres Sukabumi.


Di tempat yang sama,Wakil ketua bidang keanggotaan DPC PDI-P Kabupaten Sukabumi Anang Janur menambahkan bahwa laporan yang serupa juga dilakukan di seluruh wilayah Jawa Barat.


"Laporan seperti yang kita layangkan ini, juga terjadi diseluruh DPC PDI-P di Jawa Barat, dilakukan serentak hari ini. Semua ini kami lakukan agar ada pembelajaran dan efek jera, sehingga kedepannya masyarakat bisa memilih dan menempatkan kata dalam bersosial media," ungkapnya.


Paoji Nurjaman S.E Wakil ketua bidang kaderisasi dan ideologi DPC PDI-P menambahkan bahwa tim investigasi telah melakukan cross chek ternyata Ibu Ketua Umum Megawati dalam keadaan baik-baik saja


"Dari DPP maupun DPC telah mengkroschek, ternyata Ibu Ketua Umum dalam keadaan baik-baik saja tidak dalam keadaan sakit. Maka hari ini kami seluruh DPC yang ada diseluruh indonesia melaporkan Hoax tersebut. Apalagi ini menyangkut nama Ibu Ketua Umum Megawati Soekarno Putri," tuturnya.



Sebagaiman yang kita tahu, penyebarluasan berita Hoax tersebut dilakukan oleh salah satu media di tanah air. Seharusnya media tersebut melakukan investigasi dulu ke lapangan, langsung kepada sumber-sumber yang jelas dan terpercaya, jangan sampai pembuatan berita hanya melalui dugaan atau opini saja.


"Nanti kita akan somasi media tersebut. Dan apabila memang nanti diketahui terjadi pelanggaran,maka oknum yang bekerja di media tersebut juga harus dituntut,karena telah membuat berita tanpa dasar dan fakta. Kami dalam hal pelaporan ini mempunyai bukti-bukti yang kuat dan otentik," pungkasnya.


(Latip permana)