Breaking News

Kapolres Sukabumi Pimpin Pembaretan Bintara Remaja Polres Sukabumi

 


Jelajahhukum.com||Sukabumi - Sebanyak 80 anggota Bintara remaja Polres Sukabumi mengikuti kegiatan pembinaan tradisi (Bintra) berupa pengambilan baret bagi anggota baru Samapta Polres Sukabumi, Kamis (02/02/2023).

Kegiatan pembinaan tradisi pembaretan tersebut dipimpin oleh Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede didampingi para pendamping dari pejabat utama dan para perwira Polres Sukabumi.

Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa Bintra bagi Bintara remaja Polres Sukabumi dimulai dengan apel pemberangkatan dari Mapolres Sukabumi pada pukul 05.30 wib dan berakhir dipantai Istiqomah Citepus Palabuhanratu pada pukul 10.00 wib.

"Mereka para Bintara remaja ini, akan berjalan kaki dengan rute yang telah ditentukan sejauh kurang lebih 30 km," kata Iptu Aah dalam rilis resminya hari ini.

Adapun rute yang dipilih yaitu terdiri dari pegunungan, rimba, lembah dan pantai diseputaran Kecamatan Palabuhanratu dan Kecamatan Cikakak.

"Kapolres Sukabumi sengaja meminta agar rute Bintara ini melewati gunung, rimba, lembah serta pantai, dengan tujuan menggambarkan serta mengenalkan situasi penugasan kepada para Bintara remaja di Polres Sukabumi yang wilayahnya terkenal dengan istilah Gurilap," sambung Aah lagi.

Menurut Aah, kegiatan tradisi pembaretan kepada para Bintara remaja ini, bertujuan yang pertama menumbuhkan rasa kebanggaan pribadi dan selaku anggota Polres Sukabumi, yang kedua agar para Bintara remaja itu mempunyai mental dan fisik yang bagus dan siap melaksanakan tugas di Sukabumi yang mempunyai wilayah demografi terdiri dari Gunung, Rimba, Lembah dan Pantai yang disingkat dengan Gurilap dan yang ketiga tentunya memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama diantara para Bintara remaja itu serta dengan keluarga besar Polres Sukabumi.

"Sebelum berangkat Kapolres Sukabumi bersama seluruh peserta dan pendamping melaksanakan sholat subuh berjamaah di Mesjid Mapolres dan berdoa untuk meminta keselamatan kegiatan Bintra pembaretan," imbuh Aah.

Diakhir kegiatan ditempat finis Pantai Istiqomah dalam upacara penutupan para Bintara remaja itu berhak mendapatkan serta memakai Baret Samapta Polri yang langsung dipakaikan kepada perwakilan Bintara remaja oleh Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sukabumi Ny. Monica Pardede disaksikan para Pejabat Utama dan pengurus Bhayangkari Cabang Sukabumi.

"Dalam penutup kegiatan Bintra, Kapolres Sukabumi meminta kepada Bintara remaja ini, agar menjadi anggota kebanggan Polri dan menjadi insan Bhayangkara yang dicintai oleh masyarakat," pungkas Aah.

(*red)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum