Breaking News

Seni Bela Diri Khas Tradisional "Paguron Rangga Buana" Pencak Silat Cabang Cimande

Jelajah Hukum Bogor


Seni bela diri Pencak Silat merupakan warisan leluhur nenek moyang sejak zaman dulu, hingga kini turun-temurun.



Pencak Silat seni bela diri khas tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara.hal ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.


Pencak Silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi.Ada pengaruh budaya dari Tiongkok, agama Hindu, Budha dan Islam dalam pencak silat.Biasanya setiap daerah di Indonesia memilik aliran tersendiri, dimana Pencak silat yang khas, yakni Wilayah Bogor,Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong dan di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih serta di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri.


Berkaitan dengan hal tersebut,Maka pada tanggal 14 February 2021 mendatang, dengan modal yang sudah ada serta mendapatkan dukungan dari berbagai Elemen Masyarakat,Perguruan Pencak Silat Rangga Buana cabang Cimande di kampung binong Rt 02 Rw 04, Desa iwul,Kecamatan Parung,Kabupaten Bogor, akan dibuka.


Sementara itu,menurut Asep Abdussalam selaku Pimpinan padepokan menyampaikan sudah jauh hari sebelumnya, membina dan melatih generasi muda.


" Kami berharap adanya penerus warisan seni budaya luhur bangsa,” terangnya kepada awak media, Jum'at(05/02/2021)     


Asep menambahkan bahwa Kami hanya  mewanti-wanti kesemua anggota, jadilah merujuk Amanat dari para Sesepuh Cimande, generasi muda harus jadi ksatria sejati, jujur, adil dan Nasionalis, sehingga nanti mampu memberikan kontribusi, guna kemajuan bersama dan demi memberikan manfaat bagi Masyarakat, Nusa dan Bangsa.


" Selain itupun,Insya Allah Habib Fahmi Ally-Idrus akan bertindak  selaku penceramah kerohiman saat pembukaan peresmian yang akan digelar nanti,"Pungkasnya.


( ILham / Sule )

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum