Breaking News

LSM PMP3R Angkat Bicara ; Gapoktan Dadakan Serap Anggaran P3-TGAI,Petani Gigit Jari

Jelajah Hukum Bogor


Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi, selanjutnya disingkat P3-TGAI adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan.



Namun dalam pelaksanaan kegiatanya,pihak yang terlibat dalam kegiatan P3-TGAI ini, dalam penyerapan anggaran Negara,banyak yang bukan dari kalang  masyarakat petani. Ada yang berlatar belakang BPD, Sekdes, Staf Desa, bahkan ada dari pendamping desa.


Sedangkan banyak petani aktif yang memiliki kartu tani,tidak terlibat dalam kegiatan P3-TGAI ini alias Gigit Jari.


Hal tersebut merupakan upaya akal-akalan Gapoktan Dadakan dalam menyerap anggaran Negara yang terindikasi akan dijadikan objek  kepentingan dan keuntungan kelompok tertentu di jajaran pemerintahan desa.


Ketua Umum PMP3R, Anwar Ressa pun angkat bicara,Ketua umum LSM Perkumpulan Masyarakat Pemerhati Pembangunan Pasundan Raya ( PMP3R ) mengatakan, Saya sangat prihatin dalam program Nawa Cita ke tujuh ini.


" Seharusnya Program Pak Presiden Jokowi ini di jadikan Subjek Pembangunan Masyarakat.Petani Kedepankan dan berkelanjutan( Sustainable ),agar para masyarakat petani lebih Sejahtera dan maju," Ucapnya.Rabu(21/04/2021)


Lanjut Anwar Ressa,Bukan sebaliknya,Program ini dijadikan Objek kepentingan oleh oknum- oknum yang mencari keuntungan pribadi,kelompok maupun golongannya yang memanfaatkan peluang untuk menyerap anggaran Negara dengan mendirikan Gapoktan Dadakan, alias Petani Abal - Abal.



Hal tersebut, agar menjadi bahan kajian Evaluasi Direktur Jenderal Sumber Daya Air,Kementerian PUPR untuk mengambil langkah perbaikan,selektif dalam Verifikasi calon penerima P3-TGAI,Serta langkah pencegahan dalam upaya pihak - pihak yang ingin menggerogoti keuangan Negara.Serta upaya memberantas tindak pidana korupsi.


" Agar program baik ini,tepat guna,dan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat petani," Pungkas Anwar.


(ilham)


Sumber : Anwar Ressa

Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Pemerhati Pembangunan Pasundan Raya ( PMP3R )

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum