Breaking News

Proyek Pembangunan P3-TGAI Desa Ciburuy Diduga Tidak Sesuai Ketentuan

Jelajah Hukum Bogor


Pembangunan Irigasi dalam Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berlokasi dikampung Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Sumber dana APBN Kementerian PUPR Tahun Angggaran 2021.



Panitia pelaksana kegiatan P3- TGAI sekaligus menjabat perangkat desa ciburuy, Surahman atau yang biasa disapa Ongcui saat di konfirmasi awak media melalui pesan singkat Whatsapp, sangat disesalkan tidak membuka maupun membalas pesan tersebut dari rekan-rekan media. Padahal klarifikasi dari yang bersangkutan sangat di perlukan sebagai hak jawab atas dugaan yang di tuduhkan.


Dari hasil Investigasi awak media kelokasi kegiatan, Sabtu (24/4/2021),pelaksanaan pekerjaan pemasangan pondasi dasar maupun galian tanah (Pondasi/Koperan). Yang mana tertera pada contoh format penghitungan volume atau yang disebut sketsa perhitungan, bahwa pelaksanaan pemasangan pondasi di duga kuat tidak sesuai dengan Speck alias menyimpang dari gambar.


Dari rangkaian kegiatan tersebut, pelaksanaan kegiatan dalam mekanisme swakelola yang dikerjakan langsung oleh P3-TGAI dan didampingi oleh Tim Pendamping Masyarakat (TPM ) dipertanyakan banyak pihak. Mengingat, TPM Kurang maksimal dalam segi pendampingan teknis, mereka hanya datang ukur dan langsung pulang tanpa detil memeriksa secara teknis.


Ditempat terpisah, Ketua LSM Perkumpulan Masyarakat Pemerhati Pembangunan Pasundan Raya (PMP3R) Anwar Resa, saat di hubungi by phone yang sedang berada di kawasan Bogor untuk dimintai tanggapannya terkait Pembangunan Proyek P3-TGAI mengatakan,Proyek tersebut syarat dengan penyimpangan.


“ Silahkan periksa, banyak pondasi tidak di gali dan ukuran pondasi dasar yang seharunya 50 cm dibikin rata 30 cm. Begitu halnya dengan ketinggian pondasi maupun lebarnya. Pelaksana P3-TGAI itu hampir semua lokasi bermain dan mencuri ditataran teknis," ujar Anwar.


Dalam teknis pelaksanaan kegiatan pembangunan proyek P3-TGAI di Desa Ciburuy, Bagaimana teknis sering diakali untuk dimainkan, semua itu terlihat dan berdasarkan hasil investigasi media dan LSM dilapangan yang mana kegiatan proyek tersebut di duga menyimpang dari ketentuan, contoh format perhitungan volume.


Hal tersebut di duga dilakukan dengan sengaja untuk mencari keuntungan pribadi maupun kelompok. Yang semuanya itu dapat berpotensi merugikan keuangan negara.


(ilham)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum