Breaking News

Produk Keripik Gedebong Pisang Hasil dari UMKM Desa Cikadu Go Internasional


PALABUHANRATU, jelajahhukum.com - Sungguh sangat inovatif dan kreatif sekali, para UMKM di Kecamatan Palabuhanratu. Itu terlihat dari hasil produk berupa makanan dan minuman yang sudah diakui dan sering di ikut sertakan pada pameran-pameran di setiap event kegiatan UMKM, salah satunya yang sekarang lagi viral dan menonjol adalah Produk dari UMKM Desa Cikadu yang berupa Kripik Gedebong Pisang yang bahan dasarnya dari batang pohon pisang.

Produk tersebut di hadirkan dalam Monev Tim Bina Wilayah 10 Program PKK Kabupaten Sukabumi di Kantor Kecamatan Palabuanratu, Kamis (8 juni 2023).

Saat di temui awak media setelah selesai acara, Kades Cikadu Neng Elva Yulianti  mengatakan, Alhamdulillah untuk Desa Cikadu produk unggulan yaitu keripik gedebong pisang karena bahan bakunya berasal dari batang atau gedebong pisang.

"Alhamdulillah karena adanya kerjasama ibu-ibu PKK, sehingga kami dari Desa Cikadu memiliki produk Keripik gedebong pisang yang alhamdulillah kemarin sudah ada pesanan ke mancanegara terutama negara Jepang," ucap Elva.

Neng Elva pun menjelaskan, kebetulan desa Cikadu ini memiliki 15 kelompok UMKM yang masing-masing kelompoknya ini punya produk andalan untuk dikonteskan kembali nantinya.

"Kepada Ibu-ibu kelompok UMKM terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk yang membuat publik tercengang seperti hasil kreatif ibu-ibu PKK membuat Keripik gedebong pisang ini, maju UMKM sukses membawa kesejahteraan," ungkapnya.

Sekertaris Kecamatan (Sekmat) Palabuhanratu, Dra. Latipah juga mengapresiasi produk dari hasil UMKM Desa Cikadu tersebut, Saya pegang produk UMKM ini salah satunya unggulan nya adalah Produk Keripik gedebong pisang.

"Rasanya ini renyah sekali dan Mak nyos dech, pengalaman pertama saya ini bisa merasakan keripik gedebong pisang ini awalnya dikira bukan dari gedebong pisang bahan baku nya, ternyata setelah tau ini dari bahan alam yaitu batang pisang atau gedebong pisang saya tercengang. Ini luar biasa ya, salut pokoknya untuk UMKM Desa Cikadu," terang Sekmat Palabuhanratu.

Insyaallah produknya segera masuk ke Mancanegara, masih kata Sekmat, karena menurut informasi seperti itu. Semoga UMKM-UMKM terus berinovasi menciptakan produk-produk yang enak dan unik seperti keripik gedebong pisang ini.

"Dari segi perizinannya kami siap memfasilitasinya dan semoga kedepannya makin banyak lagi bermunculan produk kreatif dan inovatif yang lain dari para UMKM, khususnya dari Kecamatan Palabuanratu," ujarnya.



Senada dengan Sekmat Palabuhanratu, Kepala UPT Pasar Semi Modern Palabuanratu Uus Heryanto juga mengomentari hal yang sama, Uus mengatakan, Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kemajuan UMKM -UMKM khususnya yang ada di Kecamatan Palabuhanratu, termasuk adanya produk unggulan yaitu keripik dari bahan gedebong pisang yang kabarnya akan di promosikan hingga ke luar negeri.

"Saya Kepala UPTD Pasar Semi Modern Palabuhanratu sangat memberi akses untuk semua produk UMKM-UMKM yang banyak variannya tersebut, bisa di distribusikan di pasar semi modern Palabuhanratu ini, tetap semangat para pegiat UMKM sukses dan jaya selalu," pungkasnya.

Terlihat menghadiri acara tersebut, Ketua Tim bina wilayah 10 Kabupaten Sukabumi (Yeni Sri wahyuni SP.,Hj) dan jajarannya, Camat Palabuhanratu Dr.drs.H.Ali Iskandar,MH) beserta Forkopincam Palabuhanratu, Kapolsek Palabuhanratu (Kompol Mangapul Simangunsong), Perwakilan dari Koramil 0622-02/Palabuanratu, Letda Laut (K) Willy Paur Intel Posal Palabuhanratu, Kepala UPTD Pasar Semi Modern Palabuhanratu (Uus Heryanto), Lurah dan para Kades seKecamatan Palabuanratu, Kader PKK Kecamatan, para pegiat usaha atau kelompok UMKM Desa di wilayah Kecamatan Palabuhanratu.

(A.Taopiq)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum