Breaking News

Pemdes Cibodas Salurkan BLT DD Tahap I Tahun 2024 Kepada 43 KPM

(Caption: Kepala Desa Cibodas, H.Ibadulloh Muchtar saat memberikan BLT DD kepada KPM)


SUKABUMI, jelajahhukum.com _ Pemerintah Desa (Pemdes) Cibodas di tahun 2024 mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa Tahap I tahun 2024. Adapun penyalurannya dilaksanakan di Aula Desa Cibodas Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Senin (22/04/2024).

Penyaluran BLT DD tahap satu dihadiri langsung oleh Kepala Desa Cibodas H.Ibadulloh Muchtar beserta perangkat desa, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas dan para Keluarga Penerima Manfaat BLT DD.

Kades Cibodas H.Ibadulloh Muchtar mengatakan, alhamdulilah hari ini kita mulai menyalurkan BLT DD tahap I di tahun 2024.

"Hari ini kita salurkan untuk 1 bulan, nanti seminggu kemudian atau awal bulan kita akan salurkan kembali untuk 2 bulan. Adapun besarnya bantuan yang telah diterima langsung sebesar Rp 300.000/KPM. Dimana tahun ini yang meñerima BLT DD sebanyak 43 KPM," ungkapnya.

Ia pun menjelaskan bahwa pada penentuan penerima BLT DD kemiskinan ekstrem didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah, baik melalui PKH, BPNT, KKS, BST, Kartu Pra Kerja, maupun program bansos lainnya.

"Kriteria tersebut tentunya ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda atau timpang tindih yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan dalam masyarakat setempat sesuai mekanisme dan kriterianya, Semoga Bermanfa’at," ujarnya.

H.Ibadulloh Muchtar juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bergerak dan bekerja keras sehingga BLT-DD di tahun 2024 dapat disalurkan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir pada acara penyaluran BLT DD tahap I di Desa Cibodas hari ini dan saya juga menegaskan bahwa tidak ada pemotongan apapun atau sepeserpun dari pemerintah Desa Cibodas kepada penerima manfaat BLT DD tahun 2024 ini," tegasnya.


Dengan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa ini, dia berharap dapat meringankan beban masyarakat dan dapat dipergunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan kebutuhan pokok sehari-hari warga, kedepan nya kita semakin kompak dan roda pemerintah semakin lebih baik. Kami hanya berpesan kepada masyarakat yang menerima BLT-DD agar dapat menggunakan uang dengan sebaik-baiknya, dan semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Aaminn yarobbal aalamiinn," pungkasnya.

Penyaluran BLT DD tahap I di Desa Cibodas berjalan dengan aman dan lancar serta bagi KPM yang tidak bisa hadir, maka RT dan bendahara desa secara langsung memberikan bantuan tersebut dengan mendatangi rumahnya masing-masing atau door to door.

(*one)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum