Breaking News

Tebingan Astana Madur Desa Cimancak Mengalami Longsor, Ini Harapan Tokmas dan Warga!


LEBAK, Jelajahhukum.com _ Tebingan Astana Madur Desa Cimancak, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak - Banten mengalami longsor. Dugaan sementara, longsor yang terjadi tersebut oleh faktor alam dan di duga juga aliran air kali Cimadur yang deras mepet ke tebingan tanah yang ada anak tangga menuju ke Astana Madur.

Perubahan mengalirnya air sungai Cimadur, mepet dan deras ke tebingan bawah Astana madur, di duga juga sejak ada pasangan beronjong di sebrang kali Cimadur. Bronjong tersebut penahan longsor DAS kali Cimadur atau pinggiran sawah milik warga di blok Legon, yang pada waktu pemasangannya masuk ke badan sungai Cimadur.

Perkiraan terjadinya longsor tersebut, diduga dampak dari pemasangan Bronjong di sebrangnya, di buktikan hasil investigasi awak media hari Kamis (25/4/2024) di lokasi.

Menurut salah satu tokoh muda Desa Cimancak yang biasa di panggil Bram, di akun FB nya mengapresiasi postingan awak media ini di medsos FB, bahwa longsor yang terjadi di Astana madur perlu bantuan pemerintah, pasalnya Astana tersebut adalah salah satu aset Desa Cimancak dari turun temurun, bisa di katakan wisata religi, karena Astana Madur sering di datangi peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada belasan makom Waliyullah penyebar agama Islam di zaman gerombolan bajo dan ada dua makom karomah dari belasan makom waliyullah yang terkenal di Astana Madur, yakni Embah Jaya Raksa atau biasa di sebut Embah Raksa dan Embah Abud," tutur Bram.

Bram sangat berharap kepada pemerintah Desa juga Pemerintah Kabupaten serta Provinsi untuk mengalokasikan anggaran.

"Agar longsor tersebut tidak meluas dan makom yang sudah terlihat di atas longsoran jangan ikut terbawa longsor susulan, apalagi saat ini masih hujan," harapnya.

Bram juga mengatakan di pesan singkat FB nya, udah puluhan tahun Astana karomah Madur tidak pernah terjadi longsor.

Hasil investigasi ulang awak media ini di lokasi, di dapat informasi dari beberapa tokoh pemuda dan tokoh masyarakat, bahwa kami masyarakat belum lama ini baru selesai membangun akses jalan ke Astana Madur dengan kontruksi rabat beton yang di lakukan secara gotong royong.

"Namun setelah jalan selesai di bangun, beberapa waktu lalu terjadi longsor di bagian tebingan sebelah barat di atas kali Cimadur dan longsor itu sangat besar, sehingga perlu perhatian dari pemerintah," pungkasnya.

(Didin Kaka)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum