Breaking News

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu

 


Jelajahhukum.com||Sukabumi - Pemerintah Desa Jayanti menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 - 2023 di kantor Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Kamis (13/10/2022).

Acara dihadiri oleh Kasibinwas yang mewakili Camat Palabuhanratu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa beserta perangkat desa, Pendamping Desa, Pengawas Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, LPM, Karang taruna, Rt/Rw, PKK dan kader posyandu.

Ketua BPD Desa Jayanti Syarif Dodi Roswandi dalam sambutannya mengatakan, alhamdulilah hari ini kita bisa bertatap muka dan bersilaturahmi,musyawarah ini terjadi karena ada tahapan- tahapan sebelumnya, yang pertama yaitu Musdus, lalu hari ini kita laksanakan Musdes.

"Saya harap para ketua Rt dan Rw betul-betul mendengarkan pemaparan dari Pak Kades tentang rencana untuk pembangunan tahun 2023 dan mari kedepannya kita samakan persepsi untuk kemajuan Desa Jayanti," ucapnya.

Hal senada pun disampaikan Babinsa Jayanti Peltu Candra Sigit Prabowo dalam sambutannya bahwa kegiatan hari ini kegiatan lanjutan dari Musdus ke Musdes.

"Untuk kedepan nya mari kita majukan pembangunan program skala prioritas yang akan disampaikan oleh kepala desa," tutur Babinsa.

Ditempat yang sama, Bhabinkamtibmas Desa Jayanti Bripka Legawan,SH mengatakan bahwa untuk skala prioritas dilingkungan Rt/Rw untuk program pembangunan saya berharap yang didahulukan itu banyak manfaat nya untuk masyarakat.

Bhabinkamtibmas pun menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga keamanan, apabila ada orang yang tidak dikenal atau orang yang baru tinggal, harap di data untuk mengantisipasi adanya kejahatan.

"Semoga kedepannya kita juga bisa mengantisipasi kejadian bencana, seperti longsor atau bencana lainnya. Ketika ada kejadian bencana atau pun kejadian yang tidak diinginkan, kami Babinkamtibmas dan Babinsa akan hadir di masyarakat," kata Bripka Legawan.

Pendamping Desa Jayanti Iyus Yuswandi menyampaikan, pada kesempatan ini rencana musrenbangdes Jayanti sangat penting untuk kebijakan kepala desa.


"Karena Musrenbangdes ini akan dibawa ke Musrenbang Kecamatan, lalu nanti ke Musrenbang Kabupaten. Jadi harus paham betul, dimana kewenangan desa dan mana kewenangan kabupaten," ungkap Iyus.

Setelah sambutan demi sambutan, Kepala Desa Jayanti Nandang, S.Ag memaparkan bahwa yang sekarang kita kerjakan ada 3 titik irigasi, itu hasil 20% dari ketahanan pangan.

"Satu titik di Rt 04 Kampung Jayanti, di 2 RT nya insya allah nanti sawahnya tidak kering lagi dan titik ke dua sedang dilaksanakan di Posyandu samping kantor desa serta titik yang ke tiga yaitu di Kampung Caringin," ungkap Nandang.

Ia pun menjelaskan bahwa ada pembangunan apirmasi yaitu dari fokir dalam waktu dekat ini, diantaranya cor jalan yg ada diwilayah cisoka, dan dekat ke Rw'an pak emul, mudah-mudahan tidak ada halangan. 

"Ada juga nanti pembangunan jalan poros desa, antara perbatasan citarik dan jayanti, kurang lebih 525 Meter persegi dengan lebar 2,5 Meter. Adapun untuk kelompok pertanian yaitu pembangunan jalan akses pertanian di pasir honje yang mengarah ke patuguran," paparnya.

Lebih lanjut Nandang pun menyampaikan bahwa untuk penataan dan pengelolaan wisata di batu bintang hari ini sedang dibangun pondasi sekitar 10-15 kios dan kios nya dibangun pola leuit.

"Musrenbang untuk tahun 2023 mengutamakan apa yang telah tertinggal di tahun 2022 yaitu kita utamakan untuk pembangunan jalan, untuk jalan gang maupun jalan lingkungan.

"Rencana awal di tahun 2022, jalan gang yang ingin kita bangun sepanjang 5 km, tetapi masih adanya covid-19 jadi belum semuanya bisa terealisasikan dan untuk regulernya di tahun 2023 yaitu masih ada BLT DD, Stunting, SDGS dan posyandu," jelas Nandang.

Saya pun menghimbau, masih kata Kades Jayanti, kepada masyarakat yang belum membayar pajak harap segera membayar pajak.

"Mohon support dan dukung kami dalam program. Baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten. Jadi untuk tahun 2023 kami prioritaskan yaitu pembangunan jalan, sensit dan cor jalan gang sepanjang 2 Km," pungkasnya.


Sementara itu, Kasibinwas yang mewakili Camat Palabuhanratu, Dindung, S.Ip mengatakan bahwa perencanaan pembangunan tahun 2023 sampai hari ini sudah 7 desa yang melaksanakan musrenbang termasuk Desa Jayanti, pelaksanaan ini merupakan forum musyawarah tahunan.

"Tadi sudah dijelaskan perencanan-perencanaan di tahun 2023 oleh pak kades, yang pasti di tahun yang ke 3 masa pak kades menjabat ini banyak sekali perubahan-perubahan dibidang pembangunan dan anggaran tahun 2022 untuk BLT DD yang asalnya 40%, maka di tahun 2023 itu hanya 25% saja penerima BLT DD dan stunting pun masih ada," tandasnya.

Hasil dari Musrenbangdes Jayanti untuk skala prioritas pembangunan di tahun 2023 yang utama itu adalah pembangunan jalan, sensit dan cor beton. Masyarakat sangat mengapresiasi kinerja Kades Jayanti yang tiap tahun nya ada perubahan dibidang pembangunan.

(Tim)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum