Breaking News

BNPB Menggelar Hari Kesiapsagaan Bencana Nasional di Desa Jayanti


SUKABUMI, Jelajahhukum.com _ Masih melanjutkan program Idrip, BNPB menggelar HKB (Hari Kesiapsagaan Bencana) Nasional di Desa Jayanti. Dimana setiap tahunnya tanggal 26 april dilaksanakan HKB Nasional dengan apel siaga dan kesiapsagaan bencana di seluruh Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Wakil Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNPB Provinsi Jawa Barat, Adi Nurwansyah.

"Jadi HKB itu Hari Kesiapsagaan Bencana Nasional, dimana setiap tahunnya kita laksanakan pada 26 April, tepatnya jam 10.00 Wib. Dimana kita selalu melakukan apel siaga dan simulasi kesiapsagaan bencana yang ada di seluruh Indonesia," ucap Adi, Jum'at (26/04/2024).

Untuk perwakilan itu ditunjuk dari kesiapan masing-masing desa, lanjut Adi, kebetulan yang paling siap disini adalah Desa Jayanti.

"Sebelumnya ada dua nominasi, yaitu Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti, kebetulan dari kades dan pak lurah sudah koordinasi dan KALAK juga sudah menunjuk bahwa Jayanti yang melakukan nya tahun ini," terang Adi.

Rangkaian acara HKB tahun ini, Adi pun menjelaskan, acara online nya dari jam 09.00 Wib sampai jam 11.30 Wib. Jadi kalau untuk sore itu acara lokal di Sumatera Barat.

"Sekarang itu kita mengikuti kegiatan nasional untuk apel siaga dan simulasi saja di seluruh Indonesia," tutur Adi.


Untuk HKB sendiri yang di ikuti secara online di seluruh Indonesia dihadiri oleh Kepala BPNB, Menteri PMK dan Kemendagri juga dan lain sebagainya.

"Jadi di HKB ini kan menuntut semua pihak itu selalu siap siaga, jadi diharapkan masyarakat itu lebih bisa mempraktekan bagaimana mempersiapkan terhadap bencana kedepannnya," pungkas Adi.

(*one)

© Copyright 2022 - Jelajah Hukum